RSS

[UPDATE PART 66] Review Novelet “Sepasang Kaos Kaki Hitam”

16 Mar

Pernah dengar sebuah kisah berjudul ‘Sepasang Kaos Kaki Hitam’?

Anehkah mendengarnya? Tentu saja. Apa pula itu sepasang kaos kaki hitam? Apa maknanya? Ada apa dengan kaos kaki hitam itu? Mungkin juga hampir setiap hari kita memakainya, tapi ada kisah apa yang tersembunyi di baliknya sehingga membuatnya spesial? Seperti itulah kira-kira pertanyaan yang muncul sewaktu aku membaca judul itu.

ImageJika kamu seorang Kaskuser, pastilah sudah tak asing lagi. Karena konon, ini adalah kisah nyata fenomenal yang paling terkenal di Kaskus sekitar dua tahun lalu. Tapi jika belum pernah dengar, atau baru kali ini tahu, sama seperti aku yang baru tahu tiga hari lalu, Sepasang Kaos Kaki Hitam adalah sebuah kisah nyata yang beredar di kaskus dan diceritakan langsung oleh si pemilik pengalaman.

Awalnya, sewaktu jalan-jalan di kaskus, aku menemukan sebuah judul thread yang agak aneh. Aku lupa apa judul pastinya (nanti coba aku cari tahu lagi), tapi ada sesuatu yang menggelitik dari judul itu. Intinya, thread yang aku temukan itu berisi review dari thread utama yang berjudul [REBORN] SEPASANG KAOS KAKI HITAM. (Link ada di bawah)

Aku yang penasaran dengan isi thread itu, langsung melalapnya habis. Bukannya terpuaskan, ternyata penasaranku semakin bertambah. Belum apa-apa, dari thread itu aku sudah disuguhi berbagai misteri dari isi cerita. Siapa itu Mavelly, apa yang terjadi di masa lalunya? lalu kenapa salah satu part, yaitu part 66, di sembunyikan atau sengaja tidak di share, dan juga tanggapan-tanggapan kaskuser lain di kolom balasan.

Melalui thread itu juga aku langsung menuju ke thread utama. Dan dari sanalah penasaranku malah semakin bertambah. Siapa sangka, faktanya, thread itu adalah thread reborn, karena thread pertama dari cerita asli sudah tenggelam di old kaskus sewaktu pergantian domain dari kaskus.us menuju kaskus.co.id kemarin, tapi komentar dan viewernya ada ribuan dan terus bertambah.

Seperti yang kita tahu, jika ada thread memiliki respons sebesar itu, pastilah thread itu benar-benar berkualitas. Melihat dari respons thread utama itu yang bahkan sampai di review oleh banyak pihak dan memiliki banyak komentar serta tanggapan-tanggapan yang mengatakan bahwa kisah ini begitu fenomenal, maka aku memutuskan untuk segera ikut membacanya.

Setelah membaca kalimat pembuka yang menggugah, aku langsung menuju kumpulan link di bawahnya yang berisi untaian cerita bersambung sepanjang 125an bagian.

WHAT??? 125an PART.

Baru tahu ada sebanyak itu saja sudah nggak terbayang bukan malasnya untuk baca? Ini baca online lo. Baca di depan komputer/laptop. Beruntungnya, ternyata sudah ada versi PDF yang bisa di download. (Link download juga ada di bawah. Dan kisah ini ada dua versi. versi thread dan pdf. sementara aku baru baca versi thread. Apa bedanya? yang PDF udah lolos editing dan lain-lain.)

Singkat cerita, hari Jumat sore itu aku downlaod dari komputer kantor, dan Sabtu malam hingga Minggu malam ini baru selesai aku baca dan langsung aku buat reviewnya di rumah. Tahukah kalian, gara-gara ini aku harus menunda dua tulisan yang sudah terkonsep dan tinggal ketik. Tak apalah, toh juga seimbang hasilnya. 🙂

Lalu kenapa ini aku sebut sebagai novelet/novela? Tentu saja karena kisah ini di tulis lebih panjang dari cerpen tapi tak sepanjang novel. Buat yang belum terbiasa membaca tulisan panjang dan tanpa ada gambar sama sekali, ini adalah awal yang bagus buat kalian. Aku saja bisa menyelesaikannya dalam waktu dua hari kok.

Lantas apa menariknya, sampai seterkenal itu?

Hmm… beri aku waktu sejenak.

Memang dari segi penulisan masih perlu banyak pembenahan. Bukan berarti akunya sudah ahli teknik menulis lo ya, tapi ini memang bukan novel. Jadi tulisan yang ada lebih mirip seperti teman yang sedang bercerita. Sangat ringan. Dan menurutku, yang membuat kisah ini fenomenal adalah;

Pertama, Ini adalah kisah nyata. Bukan sembarang kisah nyata. Tapi sebuah kisah nyata lengkap yang berisi beragam hal yang tak bisa ditemui dalam kehidupan sembarang orang.

Kisahnya berisi suka, duka, manis, pahit, bahagia, ketakutan, kekocakan para tokohnya, persahabatan, kelahiran dan kematian. Dan pastinya ada cinta. Cinta yang menjadi dasar dari semuanya. Cinta yang membawa pada penderitaan. Cinta yang harus memisahkan. Cinta yang menyembuhkan. Cinta yang mereka cari. Cinta yang harus diusahakan. Cinta yang harus melepaskan. Dan semua cinta yang membuat mereka terus berusaha. Cinta yang membuat pion/bidak harus melangkah terus ke depan hingga petak terakhir. Atau cinta yang akhirnya membuat kupu-kupu bisa keluar dari kepompong yang menyiksanya.

Di beberapa bagian, jangan kaget jika kalian akan ikut tertawa bersama mereka dan di beberapa bagian lain kalian akan menangis. Setidaknya aku jujur dalam membuat review ini.

Kedua, ada tokoh yang sangat kuat di dalamnya. Selain dari segi kisah perjalanan hidup luar biasa yang harus mereka jalani, karakter kuat ini jugalah yang membuatku merasa tertarik pada kisah ini. Tokoh itu adalah Ari dan Mevally. Juga ada tokoh pendukung seperti Indra dan Lisa.

Karakter Ari dan Meva yang suka bercanda dengan candaan cerdas namun ringan ini, serta hubungan antara keduanya sebagai tetangga kos pasti membuat semua orang merasa iri. Dan point inilah yang ku pikir menjadi dasar kenapa kisah ini memiliki banyak penggemar. Terlebih, ini adalah kisah nyata. Itulah penguatnya.

Mungkin kita banyak menemukan kisah mirip seperti ini, atau bahkan lebih dramatis, di novel-novel. Namun mereka semua fiktif. Sedangkan ini adalah kisah nyata. Itulah kelebihannya. Maka tak heran jika semua merasa iri.

Dan ketiga, ENDING. Selama ini hanya ada dua ending. Sad dan happy. Namun di sini kalian akan menemukan dua ending ini berbaur dan menciptakan ending yang sangat memuaskan.

Overall, bacaan ringan yang berbobot (dari segi kisah) ini sangat menarik untuk di baca. Jujur, aku juga merasa iri dengan mereka. Aku iri bagaimana mereka akhirnya menemukan arti sesungguhnya dari cinta. Cinta yang tak pernah terucap namun sangat terasa. Cinta yang terpaut begitu dalam.

Dan sengaja aku sembunyikan isi kisahnya agar kalian bisa menikmati setiap kata, canda, tawa, dan tangisnya. Apalagi di bagian endingnya.

Aku tunggu komentar kalian setelah membacanya. 🙂

Berikut link download PDF dan link thread Kaskusnya:

REBORN Sepasang Kaos Kaki Hitam by pujangga.lama

Twitter Penulis : @pudjanggalama

Link Download Versi PDF Sepasang Kaos Kaki Hitam

Karena kesibukan, jadi yang mau Part 66, silahkan langsung download Part 66 – chandralight.wordpress.com. Dan untuk kalian yang menggunakan email gmail, sekalian Add Google+ ku ya! Pasti aku circle back 🙂

Chandra Fauzi

Terima Kasih 🙂

Advertisements
 
379 Comments

Posted by on March 16, 2014 in Review

 

Tags: , , , , , , , , , ,

379 responses to “[UPDATE PART 66] Review Novelet “Sepasang Kaos Kaki Hitam”

  1. yuyun

    June 11, 2014 at 11:37 am

    gan kirim part 66 ke email ane.. tasialuvyuyun@gmail.com
    makasih sebelumnya

     
  2. fauzis

    June 11, 2014 at 4:19 pm

    Gan please saya penasaran part 66 tolong kirimi email saya kamuharus12@gmail.com,Terima kasih 🙂

     
  3. Iwan Di Awan

    June 11, 2014 at 9:04 pm

    ane minta part 66nya dong gan,thanks sebelumnya. oh iya kalo punya potonya mevally kirimin sekalian gan :3
    kirim ke:iwanmurdhani@gmail.com

     
  4. Gianluigi Grimaldi Maliyar

    June 11, 2014 at 9:12 pm

    Seperti komentar lain di laman ini, ane minta dikirimi part 66 ya bos. Bikin penasaran nih. Hahhaha

    Email ane gian.gmaliyar@gmail.com. Makasih sebelumnya gan!

     
  5. Felicia Ivana

    June 11, 2014 at 10:06 pm

    Mau dong part 66 feliciaivanasalim@gmail.com thanks

     
  6. ardila putri

    June 11, 2014 at 10:30 pm

    om ke ardilap5@gmail.com dong

     
  7. samidi

    June 12, 2014 at 4:13 am

    Bagi part 66 nya dong gan

     
  8. aldo

    June 12, 2014 at 9:59 am

    Part 66. Email aldotheravada@gmail.com

     
  9. Yogi

    June 14, 2014 at 5:23 pm

    Ane juga minta part66 nya donk gan ke yogifrima@gmail.com ..klo bisa sih ama foto tokoh2nya kalo ada..penasaran banget soalnya..hehee
    makasih
    recommended banget ni novel, kereennn..padahal ini novel pertama yg Ane baca karena awalnya ga suka baca novel..hehe
    ane kasih nilai 9 dari 10..
    ane tambahin ost yg cocok buat ngiringi baca novel ini (yg asli dari isi novel sih ada “Jamrud-Pelangi di matamu, trus ada Endless Love, Peterpan-Bintang, sama After Rainbow-Dulu Pernah Ada) :
    *Cupumanik – Perkenankan Aku Mencintainya* (enaknya didenger di tengah2 cerita)
    *Flanella – Selamat Tinggal Cinta Pertama* (enaknya didenger pas sebelum masuk ke epilog)

     
    • chandralight

      June 16, 2014 at 9:41 am

      Boleh juga tuh gan kalau dijadiin OSTnya 😀
      Cek email yak, Udah ane kirim 🙂

       
  10. Yogha Roxana

    June 16, 2014 at 7:10 am

    gan saya minta part 66 nya ya , tolong kirim ke e-mail yogharoxana@gmail.com

    terima kasih gan 🙂

     
    • chandralight

      June 16, 2014 at 9:44 am

      Padahal kan udah bisa di download sendiri gan di link atas? 😀

      Silahkan cek email 🙂

       
  11. chandra mukti

    June 16, 2014 at 5:11 pm

    Gan kirimin ane part 66 dong gan ane kentang stadium parah gara” nyari kagak ketemy udh prustasi ane gan nih gan kalo ente berkenan chanmukti@gmail.com atau di sini gan muktic67@yahoo.com
    hehe nama kita sama gan ada chandra nya 🙂

     
    • chandra mukti

      June 16, 2014 at 5:21 pm

      Sorry gan dopost kalo ngak e-mail nya yg ini ya muktic67@gmail.com thank gan sebelumnya yakk hehe

       
      • chandralight

        July 7, 2014 at 9:26 am

        Cek inbox gan….

        Padahal Part 66 udah ane share di Postingan atas loh…

         
    • chandralight

      July 7, 2014 at 9:26 am

      Cek inbox gan….

      Padahal Part 66 udah ane share di Postingan atas loh…

       
  12. khanza

    June 21, 2014 at 4:17 pm

    Gaaaan . Ane penasaran juga nie part 66 nya bagi donk. Kirim ke email ya. Khanza.fyanda@gmail.com… terimakasih

     
    • chandralight

      July 7, 2014 at 9:26 am

      Cek inbox gan….

      Padahal Part 66 udah ane share di Postingan atas loh…

       
  13. firman

    July 2, 2014 at 3:54 pm

    Gan ane mau minta part 66 dong javierfirman.fs@gmail.com penasaran nih

     
    • chandralight

      July 7, 2014 at 9:26 am

      Cek inbox gan….

      Padahal Part 66 udah ane share di Postingan atas loh…

       
  14. metha

    July 4, 2014 at 7:56 pm

    mau donk gan part 66 nya ke bintha_84@yahoo.co.id, makasih sebelumnya yah gan

     
    • chandralight

      July 7, 2014 at 9:27 am

      Cek inbox gan….

      Padahal Part 66 udah ane share di Postingan atas loh…

       
  15. Fadhliya Fauziah

    July 8, 2014 at 5:07 pm

    Bang tolong kirim part 66nya dong ke fadhliyafauziah@gmail.com soalnya penasaran bgt hehe ,Makasih banyak ^^

     
  16. azwin

    July 13, 2014 at 5:49 pm

    Kalo boleh minta foto para tokoh nya donk gan
    Ke azwin_rizki19@yahoo.co.id

     
  17. Victory Miracle

    July 18, 2014 at 9:23 am

    mau part 66 dong vicentiaj@gmail.com

     
  18. tanya

    July 21, 2014 at 2:54 am

    minta part 66 nya ya hehe tanyasophiaa@gmail.com makasih 🙂

     
  19. cakra

    July 22, 2014 at 12:04 pm

    gan minta part 66 nya dong,, email ane: doraya69@live.com

     
  20. Herani Kurnia

    August 5, 2014 at 1:51 am

    Boleh minta part 66 nyaa? Ke email heranikurnia@gmail.com makasih yah 🙂

     
    • chandralight

      August 18, 2014 at 9:36 pm

      Cek email gan 🙂 jangan lupa Add G+ ku 🙂

       
  21. Mustawa Ahmad

    August 9, 2014 at 11:24 am

    ada fotonya meva nggak gan? gue bisa mati penasaran nih 😦 setahun sudah ak nyari gk ketemu2

     
    • chandralight

      August 18, 2014 at 9:35 pm

      Nggak bakaan ketemu kali gaaaan….
      Nikmati aja ceritanya. 🙂

       
  22. rieno

    August 9, 2014 at 3:49 pm

    Tolong kirim ane part 66 dunk gan.

     
  23. Bete

    August 16, 2014 at 9:40 pm

    gan minta pasrt 66 nya donk skalian ama foto nya meva…penasaran…baru baca gan…
    email: sayko.74tajam@gmail.com

     
    • chandralight

      August 18, 2014 at 9:37 pm

      Udah ane kirim. silahkan cek email. tp tanpa foto yaaaak 😀 untuk pribadi tuh 😀 kakakaka

       
  24. Aditya Citratama

    August 19, 2014 at 4:41 pm

    gan , ane ikutan deh minta part yg 66 hehe , kirim ke adityacitratama@gmail.com yah 😀

     
    • chandralight

      August 20, 2014 at 10:16 pm

      Silahkan cek email gan 😛 sapa tahu belum nyampek 😀

       
  25. Ulwan

    August 20, 2014 at 12:34 pm

    ane juga dong gan minta part 66 email:izazulwan00@gmail.com

     
    • chandralight

      August 20, 2014 at 10:16 pm

      Iya udh… silahkan cek email 🙂

       
  26. DJ bul

    August 21, 2014 at 5:48 am

    Ikutan minta part 66 ya gan. Thx berat…. JBLgame@yahoo.com

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:33 pm

      Maaf gan ngga bisa kirim via email. Tapi file udah bisa di download kok. ada di postingan linknya.

       
  27. ramdoni

    August 26, 2014 at 2:50 am

    asalamalaikum
    gan ane minta part 66 nya ya
    kirim ke e-mail ane
    romdoni_adi@yahoo.co.id
    makasih

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:37 pm

      Waalaikumslam… Maap y gan. Silahkan saja langsung download. Linknya ada di postingan kok

       
  28. Sunarto Nugroho

    August 26, 2014 at 11:51 pm

    Gan, ane minta part 66 nya yah.. ke vinaa.nugroho@gmail.com . Thanks sebelumnya

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:38 pm

      silahkana langsung download aja gan. Linknya ada di postingan kok

       
  29. Jason

    August 29, 2014 at 4:17 pm

    Maaf min , minta juga dong part 66 nya. Email : jaz_wij97@yahoo.com
    Thanks min

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:39 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email.
      Silahkan download aja langsung. Linknya ada di postingan

       
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:41 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  30. xeramo

    September 13, 2014 at 2:13 am

    minta gan part 66 nya email: carlitofly@gmail.com

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:41 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  31. ekoarianto

    September 13, 2014 at 5:15 pm

    gan tolong bagi juga donk part 66 .. ini email saya eko.aiantos@gmail.com … thankyou

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:42 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  32. indragunawan

    September 18, 2014 at 11:48 am

    Gan saya minta part 66 ya please. Terima kasih. Indragunawan400@gmail.com

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:42 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  33. Yudistira

    September 24, 2014 at 11:51 am

    Gan, ane baru baca, minta tolong kirimin part 66 gan, soalnya ane denger banyak desas desus msalah part ini.
    Thanks before Gan

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:42 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  34. Setiawan Bayu

    September 28, 2014 at 1:41 am

    Gan, ane minta part 66 jg donk hehe… setiawan.bayu16@gmail.com thx bgt ya gan, ane cuma bs kasih doa aja deh… semoga sukses…

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:43 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok.. 🙂

       
  35. Reza

    October 4, 2014 at 1:52 pm

    minta part 66 nya dong gan email: rezarino@gmail.com

     
    • chandralight

      October 19, 2014 at 12:43 pm

      Maap gan ngga bisa kirim via email lagi. Tapi link download udah ane siapin di postingan kok..

       
  36. mudrikah

    October 31, 2014 at 10:44 am

    gan gak bisa di buka tuh post’a di atas.gmn dooonnkk kirimin gw yah yg part 66 ke mudrikahbangeettzz@gmail.com

     
    • chandralight

      November 8, 2014 at 10:19 pm

      Masak sih…
      Bentar

       
    • Aprilia

      June 15, 2016 at 10:11 am

      Gan ane penasaran keseluruhan ceritanya.. mnta tolong diemail donk ke email gue.. apriliapedrosa@gmail.com

      Thanks gan..

       
      • chandralight

        June 15, 2016 at 1:09 pm

        Bukankah di akhir postingan ini aku sertakan link download utk part 66 ny ya?

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: