RSS

[DIY] Cara membuat Laptop Stand mu sendiri

23 Mar

Yeeeee… Semangat DIY kembali lagi 🙂

Dan yeaaaaah… Puas banget dengan hasilnya.

Setelah sebelumnya aku berceloteh tentang [DIY] Cara Membuat Buku Death Note, maka kali ini aku akan berceloteh tentang [DIY] Cara Membuat Laptop Stand mu sendiri.

Seperti kebanyakan Laptop lain, punya ku juga memiliki jalur sirkulasi di bawah dan samping. Maklum ya, untuk seorang Movie holic, kenyamanan saat menonton film itu sangat penting. Dan dengan kondisi laptop yang bersirkulasi di bawah tentu tidak bisa digunakan di tempat tidur, yang notabene adalah tempat ternyaman untuk menonton movie. lolKenapa? Tentu saja kita tidak bisa menempatkan laptop di atas tempat tidur, bantal, atau selimut yang berbahan lembut. Karena hal itu hanya akan menutup jalan nafas dari laptop kita. Dan jika laptop kita tidak bisa bernafas, bisa dipastikan dia akan segera berteriak kepanasan. Pasti para Gamer juga sering kan mengalami hal ini?

Awalnya sih aku menggunakan buku-buku tebalku sebagai alas. 😀 Tapi untuk beberapa alasan, buku juga bukanlah jalan keluar.

Dan INGAT. Kita di sini bicara tentang DIY (Do It Yourself) juga. Jadi untuk kalian yang memiliki uang lebih, pikiran sempit, dan ingin gampang, kalian bisa berhenti melanjutkan membaca mulai dari sini dan silakan beli laptop stand/cooling pad di toko-toko komputer kesayangan kalian. lol 😀

Jelaslah, karena semangat DIY bukan untuk orang seperti itu. DIY adalah sarana untuk mengatasi keterbatasan, atau bahkan kita menghilangkan keterbatasan itu sendiri dan sekaligus belajar kreatif.

Nah, ketemulah dengan DIY laptop stand ini. 🙂

DIY Laptop stand

Klik pada gambar atau klik kanan ‘open new tab’ untuk memperbesar

Namun, sekali lagi, DIY bukanlah tempat untuk keterbatasan. DIY laptop stand yang aku baca di link di atas, mereka menggunakan kardus sebagai bahan utama. Setelah nyari kardus di rumah yang ternyata nggak ada, akhirnya mataku menangkap selembar tripleks di belakang rumah. 😀 Bukankah tripleks lebih kuat dari pada kardus? Jadi kenapa nggak?

Bukankah semangat DIY juga memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk membuat/menghasilkan sesuatu yang baru? Jadi kalau kardusnya nggak ada dan adanya tripleks, berarti nggak ada yang salah kan? 😀 lol

~ Alat dan Bahan ~

Ah, lupakan juga sesi penjelasan alat dan bahan ini juga. Jangan batasi imajinasi kalian dengan hal ini. Toh, aku yang nggak menemukan kardus juga bisa menggunakan tripleks kok. Lalu alatnya? Juga menyesuaikan.

Cara pembuatannya juga mudah.

  1. Pertama, setelah mengukur dimensi laptop, aku buat pola di kertas menggunakan penggaris. Ini juga dari pada ngeprint pola yang bisa kalian download. Tapi jangan bilang kalau aku terlewat ngirit lo? LOL Alasan lain, sudut kemiringan yang ada di pola itu nggak sesuai dengan kebutuhan dan laptopku.
  2. Potong tripleks sesuai pola menggunakan gergaji.
  3. Setelah semua pola selesai, rangkai. dan,
  4. Jadillah DIY Laptop Stand buatan kalian sendiri. 🙂

Ini penampakan Laptop Stand punya ku.

DIY cooling pad DIY Coolling Pad Laptop stand

Dan jika ada pertanyaan atau tanggapan, jangan sungkan tinggalkan komentar! 🙂

(NB; Memang baru aku Post sekarang, tapi faktanya aku membuat laptop Stand ini sekitar bulan November 2013 lalu. Dan sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh.)

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 23, 2014 in [DIY]

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: