RSS

REVIEW ONE PIECE CHAPTER 742 – I’ll Always be Close To You

30 Mar

REVIEW ONE PIECE CHAPTER 742 – AKU AKAN SELALU BERADA DI DEKATMU

Setelah libur selama satu Minggu, Minggu ini One PieceChapter 742 hadir dengan lanjutan coverstoryrequest dengan Robin sebagai model utamanya. Munculnya Robin, berarti lengkap sudah coverstoryrequest kali ini. Itu juga berarti bahwa, kemungkinan besar, Minggu depan kita akan melihat coverstory baru tentang tokoh lain di One Piece.
Jika kisah sebelumnya bercerita tentang perjalanan Caribou dari Pulau Manusia Ikan hingga berakhir di tangan X-Drake, maka aku berharap, Minggu depan akan ada lanjutan kisah itu dari sisi X-Drake.
Setidaknya kita harus tahu, berada di pihak mana X-Drake itu sebenarnya. Kaidokah, atau memang dia berencana untuk menggulingkan Kaido dari dalam? Sebagai salah satu dari sebelas Supernova generasi terburuk, sepertinya kemungkinan kedua adalah yang paling masuk akal. Sekaligus, itu menjadikannyasebagai satu-satunya Supernova yang mencari hidup di New World dengan berlindung di bawah naungan Yonkou.
Seperti yang dikatakan Law dulu, hanya ada dua cara untuk bisa bertahan hidup di New World, ikut dengan salah satuYonkou atau menantang mereka. Dan X-Drake menjadi satu-satunya yang memilih untuk ikut Yonkou. Setidaknya untuk saat ini.
Setelah chapter741 yang mengharukan Minggu lalu, EiichiroOda kembali melanjutkan flashback mengharukan tentang kisah Kyrositu di chapter ini. Sekaligus ini menjadi flashback pamungkas yang menjawab semua pertanyaan yang selama ini hanya berakhir sebagai prediksi.

Image

Kenapa Kyros dan Scarlet hidup di luar istana, alasan dan kapan terpotongnya kaki Kyros, kenapa Sugar tak sempat memberinya kontrak, kenapa gaya bertarung raja Riku sangat mirip dengan Kyros, apa yang sebenarnya terjadi dengan keluarga kerajaan dan tragedi 10 tahun silam. Semuanya terjawab lengkap di chapter ini.
Hanya saja. Chapter kali ini juga memunculkan satu misteri baru. Yaitu munculnya seorang perempuan saat kelahiran Rebecca.Memang hanya sekali saja terlihat wajahnya. Tapi itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi pertanyaan. Siapakah dia? Istri dari Raja Rikukah? Jika iya, kenapa sebelumnya dia tak pernah di munculkan? Kenapa harus di sembunyikan dan baru di munculkan saat ini? Itulah salah satu alasan kenapa penggemar One Piece selalu setia. Jika satu misteri terungkap, maka akan ada misteri baru yang menunggu untuk di ungkap. Sebuah foreshadow yang cerdas.
Chapter ini, di awali dengan tagline, ‘Masa lalu Kyros diperkenalkan’. Memang Kyrosyang menjadi fokus sebagian besar chapter kali ini, namun masih tetap tak melupakan pertarungan partai final di ColloseumCorrida yang semakin memanas dan kelanjutan operasi SOP yang akhirnya berhasil.
Jika di Chapter sebelumnya, dikatakan bahwa setelah bertarung selama 4 tahun, Kyros telah memenangkan 1000 pertarungan tanpa pernah kalah, maka di awal chapter ini di katakan bahwa setelah 9 tahun, akhirnya Kyros mendapat julukan “Tak Terkalahkan” karena telah memenangkan 3000 pertandingan tanpa pernah kalah.
Dan yang menjadi lawan ke 3000-nya adalah raja Riku Sendiri yang menyamar menjadi Ricky. Di samping menunjukkan bahwa Raja Riku sudah menyamar dari dulu sebagai Ricky, kata-kata Riku yang berterima kasih atas pelatihannya menjadi alasan yang kuat kenapa Raja Riku memiliki gaya bertarung yang mirip dengan Kyros.
Apa yang dulu sempat menjadi prediksi bahwa Ricky itu adalah Kyros memang sudah terpatahkan sejak lama. Tapi flashbackkali ini menjelaskan semuanya dengan lengkap. Hal yang memang sangat GENIUS dipersiapkanOda sejak awal.
Menjebak pembaca untuk berpikir bahwa Ricky itu adalah Kyros dan sekaligus ayah dari Rebecca. Seperti awal bertemunya Rebecca dan Ricky (Riku) di ruang perawatan. Saat itu Ricky meminta maaf dan membayangkan Rebecca kecil yang berlari ke arahnya seperti seorang anak yang berlari pada ayahnya. Tapi ternyata itu adalah bayangan dari seorang cucu yang berlari ke arah kakeknya.
Raja Riku yang melihat Kyros sudah berubah dari 9 tahun lalu saat dia ditangkap, sekarang memberi saran baru untuk Kyros. ‘Dari pada menyesali penyesalan di masa lalu, kamu bisa memilih untuk melindungi banyak orang’.
Tepat satu tahun kemudian, saat Kyros berumur 25 tahun, dia diangkat menjadi Kapten Prajurit Raja Riku dan ditugaskan untuk melindungi kedua anak gadis Raja Riku. Dengan Tank Lepantoyang berjalan di sampingnya yang mungkin saat itu masih menjabat sebagai wakil kapten.
Dari semua tanggapan positif yang diterima Kyros. Ada satu orang yang masih saja mengungkit masa lalunya. Scarlet. Putri pertama Raja Riku yang masih berumur 16 tahun. Meski sudah di protes oleh Tank Lepanto dan Viola, adik Scarlet yang masih berumur 10 tahun. Tetap saja, Scarlet masih ngotot. Bahkan saat Viola menggunakan DevilFruit-nya untuk melihat isi hati Kyros, dengan tegas Scarlet mengatakan “Hey, jangan lihat ke dalam hati kotornya”. Sungguh kejam. 😀
Saat itu Scarlet dengan tegas juga mengatakan pada Kyros untuk tidak dekat-dekat apalagi menyentuhnya. Namun Kyros hanya berkeringat dan mengatakan “Tapi aku harus melindungimu…”
Tak lama berselang, Scarlet di culik oleh bajak laut. Kyros yang memang tidak pernah kalah selama 3000 pertarungan, dengan mudah mengalahkan bajak laut tak terkenal itu. Seketika kapal beserta kru bajak laut itu hancur berkeping-keping di lautan. Kyros yang tak sengaja menyentuh Scarlet saat menyelamatkannyapun langsung meminta maaf. Namun Scarlet yang ketakutan malah memeluknya.
Di sinilah awal kisah cinta mereka.
Mendadak,Scarlet memasak di dapur untuk Kyroshingga membuat heran Raja Riku dan Viola. Juga romantis sekali saat mereka berada di ayunan. Saat hari sedang cerah, Scarlet duduk di ayunan dengan Kyros yang duduk di tanah di sampingnya. Namun saat salju turun, Scarlet memayungi Kyros dan duduk disampingnya.
Hingga suatu hari Raja Riku memahami apa yang terjadi dan bertanya langsung pada Kyros, apa dia menyukai anaknya. Dan ternyata, Raja Riku sama sekali tak keberatan jika mereka saling mencintai. Jauh dari prediksi bahwa Raja mengusir Scarlet dari istana karena menikah dengan pembunuh seperti Kyros. Faktanya kesan seperti itu sama sekali tak terlihat di chapter ini. Tapi, meskipunada banyak rakyat yang mendukung mereka bersatu, namun moral masyarakat masih belum memaafkan masa lalu Kyros.Itulah yang membuat raja Riku bingung.
Lucunya. Sekaligus Genius dan sama sekali tak tertebak. Scarlet mengatakan pada Ayahnya, “Ayah! Jika aku tidak bisa bersamanya. Maka aku mati saja.”
Dan keesokan harinya, rakyat Dressrosa berduka atas kematian Scarlet yang mendadak dan hanya pura-pura. LOL.
Dengan begitu, Scarlet bukan lagi anggota kerajaan dan membuatnya bisa menikah dengan Kyros. Namun konsekuensinya mereka harus hidup di luar istana. Penjelasan yang sangat masuk akal dan sama sekali tak terpikirkan.
Tak lama sesudahnya, lahirlah Rebecca. Dan di sinilah perempuan misterius itu muncul. Dia hadir saat proses kelahiran Rebecca bersama Raja Riku, Viola, Kyros dan Scarlet.
Siapa dia? Bidankah? Jika iya, pentingkah untuk dimunculkan? Melihat dari posisinya yang berada di antara Viola dan Riku, memang sangat mungkin itu istri Riku. Tapi kenapa tak pernah disinggung? Dan di mana dia sekarang? Hampir tidak ada clue tentangnya.
*
Masa kecil Rebecca terlihat sangat bahagia. Hidup bersama ayah aneh yang merasa dirinya terlalu kotor bahkan hanya untuk menggendong anaknya sendiri pun harus menggunakan sarung tangan dan mudah menangis haru atau saat bermain dengan kakek anehnya yang sesekali datang menengok dengan memakai topeng untuk menyamar.
Namun, sayangnya kehidupan bahagia tak berlangsung lama. Saat Rebecca berumur 6 tahun. Atau 10 tahun lalu. Tragedi itu terjadi.
Kerajaan yang kacau juga mulai terlihat samar di mata Kyros. Dia meminta istri dan anaknya untuk menunggu dan bersembunyi di taman bunga merah yang terpencil untuk bersembunyi jika kondisi semakin memburuk. Sedang dia yang merasa memiliki kewajiban untuk membalas budi segera menuju istana.
Naas, dia segera tertangkap dan di rantai kakinya menggunakan batu laut. Doflaminggo yang tahu kemampuan Kyros sempat memintanya untuk bergabung. Namun DD sedikti ceroboh atau memang sengaja, mengatakan bahwa anak buahnya sedang menuju tempat persembunyian Scarlet dan Rebecca.
Kyros yang geram langsung memotong satu kakinya yang terantai dan bersiap menebas DD. Tapi tangan mungil Sugar lebih cepat. Dia merubah Kyros menjadi boneka tentara yang hingga kini dikenal sebagai Soldier-San.
Belum sempat Sugar mengucapkan kontraknya, Soldier-San sudah lebih dulu kabur dengan membawa Raja Riku. Kejadian itu menjadikannya sebagai mainan pertama yang tidak memiliki kontrak, sekaligus mainan pertama yang memiliki poster buronan. Dan juga, menjadikannya terlupakan.
Persis seperti harapannya di chapter sebelumnya yang meminta supaya dilupakan semua orang. Kyros pun dilupakan oleh Raja Riku dan semua orang. Bahkan janji-janjinya pun ikut dilupakan.
*
Dalam hujan, dia bertarung sebagai mainan untuk mencoba menyelamatkan kerajaan, Soldier-San masih memikirkan Istri dan anaknya yang menunggu di Taman Bunga Merah. Tidak khawatir kalau anak buah DD menangkapnya karena yakin mereka akan aman di taman bunga merah. Namun ketika memikirkan itu, dia mendengar bunyi tembakan.
Saat dia melihat ke arah tembakan, dia melihat Scarlet sudah jatuh tertembak. Tak hanya dirinya yang terlupakan, namun janji-janjinya pun ikut terlupakan. Janjinya untuk bertemu dan meminta istrinya untuk menunggu pun ikut terlupakan.
Bahkan istrinya pun tak mengenali siapa boneka tentara yang sedang memeluknya di saat terakhir. Walau dia berteriak ‘Ini aku. Kyros”. tetap saja percuma. Scarlet sudah lupa siapa itu Kyros. dia hanya mengatakan, ‘Putriku sedang menunggu. Dia kelaparan.”
Boneka tentara itu hanya bisa meneriakkan tangisan nama Scarlet tanpa bisa mengeluarkan air mata. Dalam hati dia mengatakan, ‘Hanya dengan tangan logam kecil, aku bahkan tidak bisa merasakan kehangatanmu memudar saat kematianmu.
Saat ini, Scarlet benar-benar meninggal. Bukan lagi tipuan seperti yang dia lakukan pada rakyatnya. Dan jika kita kait dan sambungkanflashback ini dengan flashback dari sisi Rebecca, maka ini akan menjadi flashback lengkap yang benar-benar mengharukan.
*
Kembali ke masa sekarang. Soldier-San baru saja tersadar dari kenangan masa lalunya. Violet besar yang sudah bermur 26 tahun dan sekaligus adik ipar dari Soldier-San memberitahukan bahwa ada pasukan dari bawah yang sedang menuju ke arah mereka. Jika mereka hanya diam, maka mereka akan ketahuan.
Pilihan mereka hanya ada dua. Bertarung turun, atau masuk ruang kartu dan langsung menghadapi Doflaminggo. Seperti yang terlihat, pilihan yang paling masuk akal adalah masuk ke ruang kartu dan langsung menghadapi Doflaminggo.
*
Kembali ke arena CorridaColloseum, pertarungan yang memanas sepertinya mampu membuat retak hingga ke ruang bawah tanah di bawahnya. Meskipun ada retakan, sepertinya terlalu berlebihan jika arena sampai roboh hingga pabrik di bawah tanah. Terlalu jauh jaraknya. Dan sepertinya kita tidak memerlukan teori itu lagi untuk menghancurkan pabrik di bawah tanah.
Sabo yang menyamar sebagai Lucyjuga sedang bersemangat saat bertarung dengan Burgeus. Sepertinya dia tahu kalau serangan yang dikeluarkan Burgues hanya akan menguntungkan dirinya.
Sementara itu, Diamante menjatuhkan mental Rebecca dengan mengatakan bahwa dialah yang menembak ibunya 10 tahun lalu. Bartolomew yang dari tadi mencoba melindungi Rebecca juga tidak bisa berbuat apa-apa karena pelindungnya tidak bisa melindungi dari serangan verbal. 😀
*
Scene berpindah menuju Rumah mainan. Di sini Franky sudah terkapar tak sadarkan diri karena dikepung tentara dari keluarga DD serta angkatan laut dan hanya bisa menumpukan harapan pada Usop.
*
Di pelabuhan bawah tanah, para Suku Ton-tatta masih meneriakkan nama Usoland untuk memberi semangat pada satu-satunya pemberontak yang masih bertahan untuk melawan. Meski Usop sudah berkata jujur bahwa dia telah berbohong.
Tak ketinggalan, Usop juga mendapat dukungan dalam diam dari para mainan di dalam pabrik. Di antara mereka, ada Cavendish yang ingin melupakan dendamnya pada Luffy jika dia bisa kembali ke wujud manusia, serta ada Raksasa Hajrudin dari suku Elbaf yang siap menjadi anak buahnya jika Usop berhasil menjalankan misi SOP. Sepertinya Usop akan benar-benar menjadi pahlawan suku Elbaf seperti mimpinya selama ini.
Dan jeng jeeeeng….
Doflaminggo sudah menyuruh Trevor untuk membawa Sugar naik ke atas, namun Trevor dan Sugar malah menganggap remeh Usop yang sudah babak belur dan terperangkap dengan mengatakan bahwa musuh sudah tak sadarkan diri pada DD.
Sugar mengembalikan permen pedas Tatababasco yang merupakan harapan terakhir dari operasi SOP itu pada Usop dengan memasukkannya pada mulut Usop. Tapi siapa sangka jika permen itu memang harapan terakhir yang hanya sempat tertunda keberhasilannya?
Setelah usap menelannya, wajah usap segera berubah mengerikan dengan mata dan lidah yang menjulur keluar.
Sugar yang berada tepat di depannya juga tak bisa menahan keterkejutannya melihat wajah Usop yang berubah mengerikan dan ikut menjulurkan mata lalu pingsan dengan mulut berbusa.
Dan dengan pingsannya Sugar, maka Operasi SOP dinyatakan berhasil. 
*
Penutup. Tapi masih ada satu yang belum aku mengerti. Identitas Kyros yang terlupakan entah kenapa di ketahui oleh suku Ton-tatta.
Dan untuk chapter mendatang yang sepertinya akan berjalan lebih cepat, justru aku harapkan akan kembali ke sisi Bajak laut Jerami keriting. 😀 Prediksiku, Oda akan menyimpan ketegangan di bawah tanah dan di seluruh Dressrosa atas kembalinya semua mainan menjadi manusia dan memilih untuk menampilkan kelanjutan pertarungan antara Sunny dan Kapal Big Mom. Kasihan mereka. Sudah lebih dari 11 Chapter mereka belum juga terlihat. Semoga mereka baik-baik saja. [end]

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 30, 2014 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: